SILABUS DAN RPP
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama sekolah : .............................
Mata Pelajaran : SKI
Kelas / Semester : VII / I
Standar Kompetensi : 1. Memahami sejarah kebudayaan Islam
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
1.1.Menjelaskan pengertian kebudayaan Islam | Sejarah kebudayaan Islam | · Religius · Jujur · Mandiri · Demokratis · Komunikatif · Tanggung jawab | · Percaya diri · Berorientasi tugas dan hasil | · Membaca pengertian sejarah kebudayaan Islam menurut bahasa dan Istilah | · Menyebutkan pengertian kebudayaan Islam · Menunjukan contoh kebudayaan Islam | Tes lisan | 2 X 40’ | 1. Buku SKI Depag 2. SKI Toha Putra 3. SKI Tiga Serangkai 4. Sejarah Hidup Muhammad SAW 5.Ensiklopedi Islam |
1.2.Menjelaskan tujuan dan man-faat mempelajari sejarah kebuda-yaan Islam | Tujuan dan manfaat mempelajari sejarah kebudayaan Islam | · Religius · Jujur · Mandiri · Demokratis · Komunikatif · Tanggung jawab | · Percaya diri · Berorientasi tugas dan hasil | · Tanya jawab tentang tujuan dan manfaat mempelajari sejarah kebudayaan Islam | · Menyebutkan tujuan mempelajari sejarah kebudayaan Islam · Menjelaskan manfaat mempelajari sejarah kebudayaan Islam | Tes lisan Tes lisan |
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
1.3.Mengidentifikasi bentuk/wujud kebudayaan Islam | Bentuk/wujud kebudayaan Islam | · Religius · Jujur · Mandiri · Demokratis · Komunikatif · Tanggung jawab | · Percaya diri · Berorientasi tugas dan hasil | · Mengidentifikasi bentuk/wujud kebudayaan Islam · Berdiskusi tentang bentuk/wujud kebudayaan Islam dan non Islam | · Menyebutkan contoh bentuk/wujud kebudayaan Islam · Membandingkan bentuk/wujud kebudayaan Islam dan non Islam | Tes tulis Penugasan | 2 X 40’ | 1. Buku SKI Depag 2. SKI Toha Putra 3. SKI Tiga Serangkai 4. Sejarah Hidup Muhammad SAW 5. Ensiklopedi Islam |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Madrasah : .......................................................
Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas : VII / 1
Standar Kompetensi : 1. Memahami sejarah kebudayaan Islam
Kompetensi Dasar : 1.1 Menjelaskan pengertian kebudayaan Islam
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
A. Tujuan Pembelajaran
§ Siswa dapat Membaca pengertian sejarah kebudayaan Islam menurut bahasa dan Istilah
Ü Karakter siswa yang diharapkan :
§ Religius, Jujur, Mandiri, Demokratis, Komunikatif , Tanggung jawab
Ü Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.
B. Materi Pembelajaran
§ Sejarah kebudayaan Islam
C. Metode Pembelajaran
§ Ceramah
§ Tanya Jawab
§ Penugasan
§ Diskusi
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Ü Kegiatan awal
§ Siswa berdo’a bersama dengan bimbingan guru
§ Guru memotivasi akan pentingnya kompetensi yang akan dipelajari
Ü Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi,:
§ Siswa Membaca pengertian sejarah kebudayaan Islam menurut bahasa dan Istilah. (Nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Mandiri, Demokratis, Komunikatif , Tanggung jawab)
§ Siswa Menjelaskan pengertian kebudayaan Islam. (Nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Mandiri, Demokratis, Komunikatif , Tanggung jawab)
2). Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,:
§ Siswa membentuk kelompok dengan bimbingan guru menjadi 5 / 6 kelompok(Nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Mandiri, Demokratis, Komunikatif , Tanggung jawab)
§ Siswa mengidentifikasi bentuk / wujud kebudayaan Islam (Nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Mandiri, Demokratis, Komunikatif , Tanggung jawab)
§ Siswa tanya jawab dengan anggota kelompoknya tentang bentuk / wujud kebudayaan Islam. (Nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Mandiri, Demokratis, Komunikatif , Tanggung jawab)
§ Siswa dengan anggota kelompoknya membandingkan bentuk / wujud kebudayaan Islam. (Nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Mandiri, Demokratis, Komunikatif , Tanggung jawab)
§ Siswa menjelaskan pemahaman masing-masing secara individual kepada kelompoknya, (Nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Mandiri, Demokratis, Komunikatif , Tanggung jawab)
§ Menempel hasil pekerjaan masing-masing kelompok untuk dipresntasikan. (Nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Mandiri, Demokratis, Komunikatif , Tanggung jawab)
§ Presentasi masing-masing kelompok secara bergantian selama 5menit dan kelompok lain menanggapi secara bersama-sama guru memberikan penguatan terhadap konsep yang dibahas pertanyaan. (Nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Mandiri, Demokratis, Komunikatif , Tanggung jawab)
3) Konfirmasi
Dalam kegiatan Konfirmasi, guru:
§ Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa. (Nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Mandiri, Demokratis, Komunikatif , Tanggung jawab)
§ Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan. (Nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Mandiri, Demokratis, Komunikatif , Tanggung jawab)
Ü Kegiatan Akhir
§ Siswa dan guru merangkum dan menyimpulkan bentuk dan wujud kebudayaan Islam. (Nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Mandiri, Demokratis, Komunikatif , Tanggung jawab)
§ Siswa dan guru melakukan refleksi . (Nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Mandiri, Demokratis, Komunikatif , Tanggung jawab)
§ Siswa dan guru merancang pembelajaran berikutnya berdasarkan pengalaman pembelajaran saat itu. (Nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Mandiri, Demokratis, Komunikatif , Tanggung jawab)
E. Sumber Belajar
§ Buku Sejarah Kebudayaan Islam Depag
§ Buku Sejarah Kebudayaan Islam Toha Putra
§ Buku Sejarah Kebudayaan Islam Tiga Serangkai
§ Buku Sejarah Hidup Muhammad SAW
§ Ensiklopedi Islam
F. Penilaian
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | Indikator Pencapaian Kompetensi | Teknik Penilaian | Bentuk Penilaian | Contoh Instrumen |
§ Religius, Jujur, Mandiri, Demokratis, Komunikatif , Tanggung jawab | Ø Menyebutkan pengertian kebudayaan Islam | Tes lisan | Jawab Singkat | Ø Sebutkan pengertian kebudayaan Islam ? |
Ø Menunjukan contoh kebudayaan Islam | Tes lisan | Jawab Singkat | Ø Sebutkan contoh kebudayaan Islam? |
§ Identifikasilah minimal tiga contoh bentuk / wujud kebudayaan Islam !
Pedoman Penskoran :
Aspek | Skor |
Siswa menuliskan pengertian kebudayaan Islam | 2 |
Siswa menuliskan 3 wujud kebudayaan Islam | 1 |
Siswa tidak dapat menyebutkan contoh wujud kebudayaan Islam | 0 |
§ Tentukan perbedaan bentuk/wujud kebudayaan Islam dan non Islam! (Minimal dua perbedaan)
Pedoman Penskoran :
Aspek | Skor |
Siswa menuliskan 2 perbedaan wujud kebudayaan Islam dan kebudayaan non Islam | 2 |
Siswa menuliskan 1 - 2 perbedaan wujud kebudayaan Islam dan kebudayaan non Islam | 1 |
Siswa tidak dapat menyebutkan perbedaan wujud kebudayaan Islam dan kebudayaan non Islam | 0 |
Nilai = skor yang diperoleh / skor maksimal X 100
Mengetahui, Kepala Madrasah ..................................................... NIP/NIK. | | ....................... , .................................... Guru mapel SKI ..................................................... NIP/NIK. |
Komentar
Posting Komentar