SILABUS DAN RPP


SILABUS PEMBELAJARAN

Nama sekolah           : .............................
Mata Pelajaran          : SKI
Kelas / Semester      : VII / I

Standar Kompetensi : 1. Memahami sejarah kebudayaan Islam


Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar

1.1.Menjelaskan pengertian kebudayaan Islam



Sejarah kebudayaan Islam





·        Religius
·        Jujur
·        Mandiri
·        Demokratis
·        Komunikatif
·        Tanggung jawab

·        Percaya diri
·        Berorientasi tugas dan hasil

·        Membaca pengertian sejarah kebudayaan Islam menurut bahasa dan Istilah



·         Menyebutkan pengertian kebudayaan Islam
·         Menunjukan contoh kebudayaan Islam


Tes lisan






2 X 40’

1. Buku SKI Depag
2. SKI Toha Putra
3. SKI Tiga Serangkai
4. Sejarah Hidup Muhammad
SAW
5.Ensiklopedi Islam



1.2.Menjelaskan tujuan dan man-faat mempelajari sejarah kebuda-yaan Islam


Tujuan dan manfaat mempelajari sejarah kebudayaan Islam

·        Religius
·        Jujur
·        Mandiri
·        Demokratis
·        Komunikatif
·        Tanggung jawab

·        Percaya diri
·        Berorientasi tugas dan hasil

·         Tanya jawab tentang tujuan dan manfaat mempelajari sejarah kebudayaan Islam

·         Menyebutkan tujuan mempelajari sejarah kebudayaan Islam

·         Menjelaskan manfaat mempelajari sejarah kebudayaan Islam

Tes lisan



Tes lisan





Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar

1.3.Mengidentifikasi bentuk/wujud kebudayaan Islam

     


Bentuk/wujud kebudayaan Islam

·        Religius
·        Jujur
·        Mandiri
·        Demokratis
·        Komunikatif
·        Tanggung jawab

·        Percaya diri
·        Berorientasi tugas dan hasil

·         Mengidentifikasi bentuk/wujud kebudayaan Islam

·         Berdiskusi tentang bentuk/wujud kebudayaan Islam dan non Islam


·         Menyebutkan contoh bentuk/wujud kebudayaan Islam


·         Membandingkan bentuk/wujud kebudayaan Islam dan non Islam



Tes tulis





Penugasan

2 X 40’


1.    Buku SKI Depag
2.    SKI Toha Putra
3.    SKI Tiga Serangkai
4.    Sejarah Hidup Muhammad SAW
5.    Ensiklopedi Islam

 




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(  R  P  P  )

Madrasah                            :  .......................................................
Mata Pelajaran                   :  Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas                                    :  VII / 1
Standar Kompetensi          :  1.         Memahami sejarah kebudayaan Islam
Kompetensi Dasar              :  1.1       Menjelaskan pengertian kebudayaan Islam
Alokasi Waktu                    : 2 x 40 menit


A.          Tujuan Pembelajaran
§  Siswa dapat Membaca pengertian sejarah kebudayaan Islam menurut bahasa dan Istilah

Ü  Karakter siswa yang diharapkan :
§  Religius, Jujur, Mandiri, Demokratis, Komunikatif , Tanggung jawab
          
Ü  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :     
§  Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.

B.           Materi Pembelajaran
§  Sejarah kebudayaan Islam

C.          Metode Pembelajaran
§  Ceramah
§  Tanya Jawab
§  Penugasan
§  Diskusi

D.          Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Ü   Kegiatan awal
§  Siswa berdo’a bersama dengan bimbingan guru
§  Guru memotivasi akan pentingnya kompetensi yang akan dipelajari
Ü   Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi,:
§  Siswa Membaca pengertian sejarah kebudayaan Islam menurut bahasa dan Istilah. (Nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Mandiri, Demokratis, Komunikatif , Tanggung jawab)
§  Siswa Menjelaskan pengertian kebudayaan Islam. (Nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Mandiri, Demokratis, Komunikatif , Tanggung jawab)
2).  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,:
§  Siswa membentuk kelompok dengan bimbingan guru menjadi 5 / 6 kelompok(Nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Mandiri, Demokratis, Komunikatif , Tanggung jawab)
§  Siswa mengidentifikasi bentuk / wujud kebudayaan Islam (Nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Mandiri, Demokratis, Komunikatif , Tanggung jawab)
§  Siswa tanya jawab dengan anggota kelompoknya tentang bentuk / wujud kebudayaan Islam. (Nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Mandiri, Demokratis, Komunikatif , Tanggung jawab)
§  Siswa dengan anggota kelompoknya membandingkan bentuk / wujud kebudayaan Islam. (Nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Mandiri, Demokratis, Komunikatif , Tanggung jawab)
§  Siswa menjelaskan pemahaman masing-masing secara individual kepada kelompoknya, (Nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Mandiri, Demokratis, Komunikatif , Tanggung jawab)
§  Menempel hasil pekerjaan masing-masing kelompok untuk dipresntasikan. (Nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Mandiri, Demokratis, Komunikatif , Tanggung jawab)
§  Presentasi masing-masing kelompok secara bergantian selama 5menit dan kelompok lain menanggapi secara bersama-sama guru memberikan penguatan terhadap konsep yang dibahas pertanyaan. (Nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Mandiri, Demokratis, Komunikatif , Tanggung jawab)
            3) Konfirmasi
Dalam kegiatan Konfirmasi, guru:
§  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa. (Nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Mandiri, Demokratis, Komunikatif , Tanggung jawab)
§  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan. (Nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Mandiri, Demokratis, Komunikatif , Tanggung jawab)
Ü   Kegiatan  Akhir
§  Siswa dan guru merangkum dan menyimpulkan bentuk dan wujud kebudayaan Islam. (Nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Mandiri, Demokratis, Komunikatif , Tanggung jawab)
§  Siswa dan guru melakukan refleksi . (Nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Mandiri, Demokratis, Komunikatif , Tanggung jawab)
§  Siswa dan guru merancang pembelajaran berikutnya berdasarkan pengalaman pembelajaran saat itu. (Nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Mandiri, Demokratis, Komunikatif , Tanggung jawab)

E.           Sumber Belajar
§  Buku Sejarah Kebudayaan Islam Depag
§  Buku Sejarah Kebudayaan Islam Toha Putra
§  Buku Sejarah Kebudayaan Islam Tiga Serangkai
§  Buku Sejarah Hidup Muhammad SAW
§  Ensiklopedi Islam
F.           Penilaian
Nilai  Budaya Dan Karakter Bangsa
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§ Religius, Jujur, Mandiri, Demokratis, Komunikatif , Tanggung jawab

Ø  Menyebutkan pengertian kebudayaan Islam
Tes lisan
Jawab Singkat
Ø  Sebutkan pengertian kebudayaan Islam ?
Ø  Menunjukan contoh kebudayaan Islam
Tes lisan
Jawab Singkat
Ø  Sebutkan contoh kebudayaan Islam?
§    Identifikasilah minimal tiga contoh bentuk / wujud kebudayaan Islam !
Pedoman Penskoran :
Aspek
Skor
Siswa menuliskan pengertian kebudayaan Islam
2
Siswa menuliskan 3 wujud kebudayaan Islam
1
Siswa tidak dapat menyebutkan contoh wujud kebudayaan Islam
0

§    Tentukan perbedaan bentuk/wujud kebudayaan Islam dan non Islam! (Minimal dua perbedaan)
Pedoman Penskoran :
Aspek
Skor
Siswa menuliskan 2 perbedaan wujud kebudayaan Islam dan kebudayaan non Islam
2
Siswa menuliskan 1 - 2 perbedaan wujud kebudayaan Islam dan kebudayaan non Islam
1
Siswa tidak dapat menyebutkan perbedaan wujud kebudayaan Islam dan kebudayaan non Islam
0

Nilai = skor yang diperoleh / skor maksimal X 100



Mengetahui,
Kepala Madrasah



.....................................................
NIP/NIK.

....................... , ....................................
Guru mapel SKI



.....................................................
NIP/NIK.


Komentar

Postingan Populer